Hati-hati, Diet Dapat Memicu Insomnia

219
Foto: medicaldaily.com

Hati-hatilah dalam melakukan diet. Pasalnya, beberapa bagian dari kegiatan diet kemungkinan besar menjadi pemicu munculnya insomnia (gangguan tidur). Yang dapat berdampak serius pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

Sebuah penelitian terhadap wanita berusia 50 tahun ke atas telah menemukan bahwa beberapa bagian dari diet kemungkinan besar berkontribusi terhadap gangguan tidur ini.

Temuan dari studi baru itu menunjukkan bahwa karbohidrat olahan berkontribusi terhadap insomnia di kalangan wanita yang lebih tua.

Insomnia menyerang banyak orang di seluruh dunia. Menurut National Sleep Foundation, hingga 40% orang di Amerika Serikat mengalami beberapa gejala insomnia setiap tahun.

Para peneliti telah memperhatikan hal ini karena banyak penelitian menunjukkan bahwa insomnia bukan hanya gangguan ringan. Kondisi ini sebenarnya mungkin terkait dengan banyak hasil kesehatan negatif lainnya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), durasi tidur pendek dan gangguan tidur berhubungan dengan masalah kardiovaskular, diabetes, dan depresi.

Para spesialis telah mencari cara untuk mencegah atau mengobati insomnia dan gangguan tidur lainnya – mulai dengan mencari semua penyebab yang mungkin.

Penelitian yang ada memunculkan fakta bahwa diet dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Sebuah studi dari Columbia University Vagelos College of Physicians and Surgeons di New York City, NY, menunjukkan bahwa diet tinggi karbohidrat olahan – terutama gula tambahan – terkait dengan risiko insomnia yang lebih tinggi. Ini, setidaknya, tampaknya menjadi kasus di antara perempuan berusia 50 dan lebih.

Tim peneliti melaporkan temuan ini dalam sebuah makalah studi yang  muncul di The American Journal of Clinical NutritionTrusted Source dan dikutip oleh MNT.

“Insomnia sering diobati dengan terapi perilaku kognitif atau obat-obatan, tetapi ini bisa mahal atau membawa efek samping,” jelas penulis studi senior James Gangwisch, Ph.D.

“[mengidentifikasi] faktor-faktor lain yang mengarah pada insomnia, kita mungkin menemukan intervensi langsung dan berbiaya rendah dengan efek samping potensial yang lebih sedikit.”

Para peneliti bekerja dengan data 53.069 peserta perempuan berusia 50-79 tahun, yang semuanya telah terdaftar dalam Studi Observatif Inisiatif Kesehatan Perempuan antara September 1994 dan Desember 1998.

Untuk memahami apakah benar-benar ada hubungan antara pilihan makanan dan risiko insomnia, para peneliti mencari hubungan antara diet yang berbeda dan gangguan tidur.

Gangwisch dan rekannya menemukan hubungan antara risiko insomnia yang lebih tinggi dan diet yang kaya karbohidrat olahan. Ini termasuk makanan dengan tambahan gula, soda, nasi putih, dan roti putih.

Para peneliti mengingatkan bahwa  dari analisis mereka belum pasti apakah konsumsi karbohidrat olahan menyebabkan insomnia atau bahwa orang yang mengalami insomnia lebih cenderung mengonsumsi karbohidrat olahan, terutama makanan bergula.

Namun, mereka mencatat bahwa ada mekanisme mendasar yang mungkin menjelaskan gula tambahan yang menyebabkan gangguan tidur.

“Ketika gula darah meningkat dengan cepat, tubuh Anda bereaksi dengan melepaskan insulin, dan penurunan gula darah yang dihasilkan dapat menyebabkan pelepasan hormon seperti adrenalin dan kortisol, yang dapat mengganggu tidur,” jelas Gangwisch.

Buah tidak  berdampak pada tidur

Para penulis penelitian juga menjelaskan mengapa tidak semua makanan yang mengandung gula akan menghasilkan efek yang sama. Buah-buahan dan sayuran – yang secara alami mengandung gula – tidak mungkin meningkatkan kadar gula darah hampir secepat makanan yang mengandung gula tambahan.

Ini karena makanan alami ini juga tinggi serat, yang berarti bahwa tubuh menyerap gula lebih lambat, mencegah lonjakan kadar gula darah.

Memang, peserta perempuan yang memiliki diet kaya sayuran dan buah-buahan – tetapi bukan jus buah – tidak memiliki peningkatan risiko insomnia.

“Buah-buahan utuh mengandung gula, tetapi serat di dalamnya memperlambat laju penyerapan untuk membantu mencegah lonjakan gula darah,” kata Gangwisch.

Memang penelitian dilakukan pada wanita berusia 50 tahun ke atas, tetapi mereka percaya bahwa temuan ini juga bisa berlaku untuk pria dan orang-orang dari usia lain. Ke depan, mereka berpendapat bahwa ide ini layak ditelusuri dalam studi yang lebih rinci.

“Berdasarkan temuan kami, kami akan memerlukan uji klinis acak untuk menentukan apakah intervensi diet, yang difokuskan pada peningkatan konsumsi makanan utuh dan karbohidrat kompleks, dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati insomnia,” simpul Gangwisch.|wo

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here