Jangan Remehkan Sarapan Pagi, Bisa Cegah Penyakit Diabetes

447
telur, salah satu menu sarapan pagi sehat

Sarapan pagi sering kali diabaikan banyak orang. Sibuklah, ingin cepat tiba di kantor atau sekolah, merupakan alasan yang sering muncul untuk mengabaikan sarapan pagi. Padahal, sarapan pagi sangat penting karena dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.
Peneliti Jerman telah melakukan tinjauan terhadap studi yang ada dan menyimpulkan bahwa melewatkan sarapan – bahkan kadang-kadang – dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.
Tinjauan tersebut dilakukan dengan melihat data dari lebih dari 96.000 orang, yang mencakup 6 studi terpisah.
Para peneliti menemukan bahwa melewatkan sarapan sekali seminggu dikaitkan dengan risiko 6 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Jumlahnya meningkat dari sana, dengan melewatkan sarapan 4 atau 5 kali per minggu yang mengarah pada peningkatan risiko 55 persen. Hasil penelitian itu telah diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, baru-baru ini.

Seorang ahli gizi yang diwawancarai oleh Healthline mengatakan data itu tidak terlalu mengejutkan dan dia menawarkan beberapa tips untuk orang-orang yang merasa kesulitan untuk memulai hari mereka dengan makanan yang lezat.
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan bahwa 90 hingga 95 persen dari 30 juta orang di Amerika Serikat yang menderita diabetes memiliki diabetes tipe 2.
Sementara diabetes tipe 1 kurang umum dan umumnya didiagnosis pada awal kehidupan, diabetes tipe 2 biasanya berkembang pada orang di atas usia 45 tahun. Faktor risiko termasuk kelebihan berat badan dan tidak aktif secara fisik, bersama dengan genetika.
Dokter biasanya merekomendasikan perubahan gaya hidup untuk menghindari diabetes tipe 2. Dan ada strategi untuk mengelola penyakit ini bagi orang yang sudah didiagnosis.
Sarapan membantu
Mengingat hubungan antara diabetes tipe 2, gula darah, dan insulin, tidak mengherankan bagi para ahli gizi bahwa melewatkan sarapan juga dapat menyebabkan peningkatan risiko.
“Beberapa studi kecil menunjukkan bahwa melewatkan makan pagi benar-benar dapat menyebabkan lebih banyak resistensi insulin,” kata Jenna Freeman Scudder, RD, ahli diet di Pusat Medis Universitas Ohio State Wexner yang berfokus pada membantu orang dengan diabetes.

Resistensi insulin adalah suatu kondisi yang membutuhkan lebih banyak insulin untuk membawa gula darah ke kisaran normal. Dan ketika kronis, ada faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2.
Scudder mengatakan bahwa menghilangkan sarapan di pagi hari juga telah dikaitkan dengan peningkatan gula darah setelah makan siang dan makan malam. Hal ini dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada tubuh serta menyebabkan pilihan makanan yang buruk.
Sebuah jajak pendapat di Amerika Serikat tahun 2015 menemukan bahwa 53 persen orang Amerika melewatkan sarapan setidaknya sekali seminggu dan 12 persen tidak makan sarapan sama sekali.
Sementara banyak peserta jajak pendapat melaporkan tidak merasa lapar di pagi hari, alasan utama lain untuk melewatkan makan adalah tidak memiliki cukup waktu.
Studi yang sama menemukan bahwa ketika banyak orang makan sarapan, mereka memilih untuk melakukannya saat bepergian dengan menyantap makanan cepat saji di restoran cepat saji atau kedai kopi.
Scudder mengatakan itu bukan ide yang baik untuk memulai hari Anda dengan makanan yang tidak sehat.
“Mendorong orang untuk makan sarapan harus termasuk mendiskusikan apa yang cenderung menjadi makanan sarapan ala Amerika. Hal-hal seperti donat, kue kering, pancake, dan sereal manis penuh lemak jenuh dan mengandung sangat sedikit protein dan serat, ”katanya. “Ini bukan makanan yang ingin kamu makan di pagi hari,” ucapnya.
Scudder mengatakan oatmeal adalah pilihan sehat karena mengandung jenis serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang. Ini juga dapat membantu mengurangi kolesterol..
“Hindari jenis oatmeal beraroma yang mengandung gula ekstra,” katanya. Scudder merekomendasikan untuk mencampurkan sedikit madu, buah segar, atau kacang-kacangan.
Pilihan lain adalah telur, makanan pokok sarapan lama. Jika tidak ada cukup waktu untuk memasaknya, telur rebus adalah pilihan yang baik karena bisa dibuat lebih awal dan dimakan sepanjang minggu.
“Menambahkan sepotong roti panggang gandum 100 persen, wafel gandum utuh, atau yogurt Yunani biasa dengan sepotong buah dapat membuat makanan yang seimbang di pagi hari yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk dipersiapkan,” dia berkata.
“Makan sarapan tinggi serat, karbohidrat kompleks, dan protein adalah yang terbaik,” katanya.

Nah, mari mulai sekarang kita biasakan sarapan pagi agar tubuh kita tetap sehat. | wi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here