Plus Minus Kopi Hitam Yang harus Anda Ketahui

388

 

Kopi adalah minuman paling populer dan paling digemari selain teh. Konsentrasi antioksidan yang tinggi di dalamnya menjadikannya salah satu minuman terbaik

Artikel ini akan membahas manfaat dan dampak negatif kopi hitam tanpa gula.

Apa itu Kopi Hitam? Kopi hitam adalah kopi biasa tanpa gula, krim dan susu. Ini meningkatkan rasa dan rasa sebenarnya dari biji kopi yang dihancurkan. Kopi hitam secara tradisional dibuat dalam pot, tetapi penikmat kopi modern menggunakan metode pour-over untuk membuat kopi hitam. Menambahkan gula ke kopi Anda berbahaya bagi tubuh karena dikaitkan dengan kondisi seperti diabetes dan obesitas.
Nilai Gizi yang terkandung dalam 100 gram biji kopi adalah  energi 520 kkal (kalori) 8,00 gram protein 26,00 gram total lipid (lemak) 62,00 gram karbohidrat 6,0 gram total serat makanan 52,00 gram gula 160 miligram kalsium 5,40 miligram zat besi 150 miligram natrium 200 IU vitamin A

Manfaat Dari Kopi Hitam

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Minum kopi tanpa menambahkan gula dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan peradangan, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi menurunkan risiko stroke hingga 20 persen. Namun, kopi dapat menyebabkan sedikit peningkatan tekanan darah, yang tidak menyebabkan masalah.

2. Meningkatkan berat badan

Mengkonsumsi kopi tanpa gula dapat membantu Anda membakar lemak dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Kafein telah terbukti membantu dalam proses pembakaran lemak dan telah terbukti meningkatkan laju metabolisme sebesar 3 hingga 11 persen. Sebuah penelitian menunjukkan efektivitas kafein dalam proses pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus.

3. Meningkatkan daya ingat

Manfaat lain dari minum kopi tanpa pemanis adalah membantu meningkatkan fungsi memori dengan membantu otak tetap aktif. Ini mengaktifkan saraf otak dan mengurangi kemungkinan penyakit Alzheimer dan demensia. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan penyakit Alzheimer hingga 65 persen

4. Mengurangi risiko diabetes

Minum kopi dengan gula meningkatkan risiko diabetes Anda, terutama diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang yang minum kopi hitam tanpa gula memiliki risiko 23 hingga 50 persen lebih rendah terkena penyakit ini. Penderita diabetes juga harus menghindari kopi yang sarat gula karena mereka tidak dapat mengeluarkan cukup insulin, dan minum kopi dengan gula menyebabkan gula menumpuk di dalam darah.

  1. Menurunkan risiko penyakit Parkinson

Menurut profesor Achmad Subagio dari Lembaga Penelitian Universitas Jember, minum kopi hitam dua kali sehari mencegah risiko penyakit Parkinson karena kafein meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Penyakit Parkinson mempengaruhi sel-sel saraf otak yang menghasilkan dopamin, suatu neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal antara sel-sel saraf otak. Jadi, minum kopi tanpa pemanis dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson hingga 32 hingga 60 persen

6. Mencegah depresi

Wanita yang minum lebih dari 4 cangkir kopi per hari, memiliki risiko 20 persen lebih rendah menjadi depresi. Alasannya karena kafein, stimulan alami yang merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan kadar dopamin. Peningkatan kadar dopamin menghilangkan gejala depresi dan kecemasan.

7. Menghilangkan racun dari hati

Kopi hitam juga diketahui membersihkan hati dengan menghilangkan racun dan bakteri dari tubuh melalui urin. Penumpukan racun di hati dapat menyebabkan kerusakan hati. Juga diketahui untuk mencegah sirosis hati dan menurunkan risiko hingga 80 persen. Selain itu, kafein bersifat diuretik yang membuat Anda ingin sering buang air kecil.

8. Kaya akan antioksidan

Kopi kaya akan antioksidan dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya. Sumber antioksidan utama berasal dari biji kopi dan para ilmuwan mengatakan ada sekitar 1.000 antioksidan dalam biji kopi yang tidak diproses dan selama proses pemanggangan, ratusan lainnya berkembang.

  1. Membuat Anda lebih pintar

Kafein adalah stimulan alami yang bekerja di otak Anda dengan menghalangi efek adenosin, neurotransmitter penghambat. Ini meningkatkan penembakan neuron di otak dan melepaskan neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin yang meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, meningkatkan kewaspadaan dan waktu reaksi serta fungsi otak secara umum.

10. Menurunkan risiko kanker

Kopi hitam dapat mencegah risiko kanker hati dan usus besar. Minum kopi hitam dapat mengurangi risiko kanker hati hingga 40 persen. Studi lain juga menemukan bahwa orang yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki pengurangan risiko kanker usus sebesar 15 persen. Konsumsi kopi juga dikenal dapat mengurangi risiko kanker kulit.

11. Meningkatkan kinerja olahraga

Minum kopi hitam di pagi hari meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah yang pada gilirannya meningkatkan kinerja fisik Anda hingga 11 hingga 12 persen. Ini karena kandungan kafein yang membantu dalam pemecahan dan metabolisme lemak yang akan digunakan sebagai bahan bakar. Kafein juga menurunkan otot pasca latihan.

12. Mencegah encok

Asam urat terjadi ketika ada penumpukan asam urat dalam darah. Sebuah studi menemukan bahwa minum satu hingga tiga cangkir kopi sehari menurunkan risiko asam urat sebesar 8 persen, minum empat hingga lima cangkir menurunkan risiko asam urat sebesar 40 persen dan minum enam cangkir sehari memiliki risiko penurunan 60 persen.

13. Membuat DNA kuat

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, orang yang minum kopi memiliki DNA yang jauh lebih kuat karena menurunkan tingkat kerusakan rantai DNA spontan dalam sel darah putih.

14. Melindungi gigi

Para peneliti di Brazil menemukan bahwa kopi hitam membunuh bakteri dalam gigi dan menambahkan gula ke dalam kopi menurunkan manfaatnya. Ini mencegah karies gigi dan dikenal untuk mencegah penyakit periodontal.

15. Mencegah kerusakan retina.

Manfaat lain dari minum kopi hitam adalah membantu mencegah kerusakan penglihatan yang terjadi karena stres oksidatif. Kehadiran asam klorogenik (CLA), antioksidan kuat yang ditemukan dalam biji kopi, mencegah kerusakan retina.

16. Meningkatkan umur panjang

Menurut sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit jantung, kanker dan lainnya. Banyak penelitian menunjukkan bahwa minuman kopi memiliki risiko kematian dini yang lebih kecil dari penyakit seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

 17. Mencegah multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit yang memungkinkan sistem kekebalan tubuh menyerang sistem saraf pusat. Penelitian menunjukkan bahwa minum empat cangkir kopi sehari dapat melindungi  tubuh dari terjadinya multiple sclerosis .

Selain dampak positif, kopi hitam juga memiliki dampak neatif bagi penikmatnya. Hasil penelitian menunjukkan karena kopi mengandung kafein, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kegugupan, kegelisahan, insomnia, mual, sakit perut, peningkatan detak jantung dan laju pernapasan.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Kopi Hitam?

Menurut  hasil penelitian yang dikutip boldsky.com, dianjurkan untuk minum kopi hitam dua kali sehari – sekali di pagi hari antara jam 10 pagi dan siang hari dan satu cangkir  lagi antara jam 14. 00  hingga  jam 17. 00. | nw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here